About this blog

Selamat datang di Blog ini. perkenalkan nama saya Djoko Sasongko. Saya seorang seniman, seorang yang berjiwa seni, seni apa aja terutama seni lukis yang saya sukai ( my Art Blog ). Dan kebetulan juga lagi cari-cari peluang atau tambahan di internet, sudah lama kenal yang namanya internet tapi baru belajar jadi Internet Marketer ( my Online Business Blog ). Saya juga seorang praktisi manufacture. Blog ini saya buat untuk sekedar keluarin "uneg-uneg", berbagi ilmu, berbagi pengalaman, berbagi kegagalan dan kesuksesan dalam bidang "manufacture". Saya sendiri seorang praktisi manufacture yang sdh lumayan lama berkecimpung dalam dunia ini (kurang lebih hampir 10 tahun). Saran dan kritik yang membangun akan saya terima dengan senang hati demi kesempurnaan Blog ini. Semoga Blog ini bisa membawa manfaat bagi semuanya. Terima kasih. Thank You. Matur Nuwun.






Saturday, 13 December 2008

Karakteristik Kualitas

Karakteristik Kualitas
Perbaikan kualitas yang dilakukan pada suatu produk atau jasa baik supplier maupun customer harus mempunyai pengertian yang jelas mengenai karakteristik kualitas yang menjadi kepentingannya. Dan untuk selanjutnya pihak pabrik atau perusahaan harus mengerti definisi tersebut daripada customer. Beberapa karakteristik kualitas antara lain ialah (Mitra Amitava, 1993) dan (Hardjosoedarmo, 1996):
• Structural Characteristics (Karakteristik Struktur), misalnya panjang dari suatu part, berat dari suatu kaleng, kekuatan daripada sebuah sinar dan sebagainya.
• Sensory Chracteristics (Karakteristik yang berhubungan dengan Pancaindera), misalnya rasa dari suatu makanan, bau harum dari suatu produk, kecantikan dari seorang model dan lain lain.
• Time Oriented Characteristics (Karakteristik yang berpedoman pada Waktu), misalnya jaminan atau garansi dari suatu produk, keawetan dari suatu produk dan lain-lain. Termasuk juga:
• Timeliness: Terjadi pada suatu waktu yang wajar, misalnya dalam suatu antrian, waktu untuk perbaikan total, waktu penyadiaan suku cadang dan sebagainya.
• Reliability: Panjangnya waktu kerja tanpa kerusakan, misalnya waktu rata-rata antara kerusakan (Mean Time Between Failure).
• Durability: Panjangnya waktu sebelum perlu penggantian atau reparasi. Misalnya panjangnya waktu sebelum roda pada forklift perlu diganti.
• Ethical Characteristics (Karakteristik Ethic), misalnya kebanggaan, kehormatan dan lain-lain.
• Consistency Characteristic (Karakteristik Konsisten), misalnya sesuai dengan dokumentasi, iklan, batas waktu atau standart industri.
• Personal Interface Characteristic (Karakteristik Hubungan Antar Personal), misalnya profesionalisme dan kesopanan atau tingkah laku dari seseorang.
• Uniformity Characteristic (Karakteristik Identik atau tanpa Variasi), misalnya percentage yang stabil mahasiswa yang berhasil menyelesaikan pendidikan, tebal yang sama dari suatu produk dan masih banyak lagi karakteristik-karakteristik kualitas yang lain.

0 comments:

Post a Comment

Isi dan data-data dalam my Blog ini adalah hak cipta pemilik my Manufacture Blog

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Dilarang keras mengcopy, menyalin atau mengutip semua atau sebagian isi dari my Blog ini atau my Manufacture Blog ini tanpa mencantumkan sumbernya atau tanpa seijin pemilik, Djoko Sasongko, ST. MMT. Pelanggaran terhadap hal tersebut akan diproses sesuai Undang-undang/Hukum yang berlaku.

Copyright © Djoko-Sasongko.blogspot.COM 2008 All Rights Reserved

 
Copyright 2009 My Manufacture Blog. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | Blogger Styles | WP by Masterplan