About this blog

Selamat datang di Blog ini. perkenalkan nama saya Djoko Sasongko. Saya seorang seniman, seorang yang berjiwa seni, seni apa aja terutama seni lukis yang saya sukai ( my Art Blog ). Dan kebetulan juga lagi cari-cari peluang atau tambahan di internet, sudah lama kenal yang namanya internet tapi baru belajar jadi Internet Marketer ( my Online Business Blog ). Saya juga seorang praktisi manufacture. Blog ini saya buat untuk sekedar keluarin "uneg-uneg", berbagi ilmu, berbagi pengalaman, berbagi kegagalan dan kesuksesan dalam bidang "manufacture". Saya sendiri seorang praktisi manufacture yang sdh lumayan lama berkecimpung dalam dunia ini (kurang lebih hampir 10 tahun). Saran dan kritik yang membangun akan saya terima dengan senang hati demi kesempurnaan Blog ini. Semoga Blog ini bisa membawa manfaat bagi semuanya. Terima kasih. Thank You. Matur Nuwun.






Saturday, 13 December 2008

Control Chart untuk data Attribute

Control Chart untuk Data Attribute
Untuk Data Attribute, Control Chart terdiri dari (Dale H. Besterfield, 1998):
• p Control Chart
• np Control Chart
• c Control Chart
• u Control Chart

1. p Control Chart
P Control Chart adalah Peta Kontrol/Control Chart yang digunakan untuk mengetahui bagian yang ditolak (Non Conformance) karena tidak memenuhi spesifikasi yang diharapkan. Peta ini dapat diterapkan pada karakteristik mutu yang dapat diamati sebagai Attribute. Bagian yang ditolak (Non Conformance) dapat didefinisikan sebagai rasio dari banyaknya barang yang tak sesuai yang ditemukan di dalam pemeriksaan atau sederetan pemeriksaan terhadap total barang yang benar -benar diperiksa.

2. np Control Chart
Pada dasarnya peta kontrol np adalah serupa dengan peta kontrol p, kecuali dalam peta kontrol np terjadi perubahan skala pengukuran. Peta kontrol np menggunakan ukuran banyaknya item yang tidak sesuai dalam suatu pemeriksaan. Peta kontrol np dan p cocok untuk situasi dasar yang sama, sehingga pilihan penggunaan peta kontrol np adalah sebagai berikut:
• Data banyaknya item yang tidak sesuai adalah lebih bermanfaat dan mudah untuk diinterpretasikan dalam pembuatan laporan dibandingkan data proporsi.
• Ukuran contoh (n) bersifat konstant dari waktu ke waktu.
Langkah-langkah dalam pembuatan peta kontrol np adalah sama dengan peta kontrol p.

. Pemilihan antara peta kontrol p dan peta kontrol np
Untuk pemilihan diantara Peta Kontrol untuk data Attribute sebagian didasarkan pada kemudahan dalam menafsirkan peta tersebut dan sebagian lagi didasarkan pada pemilihan distribusi probabilitas yang paling cocok dengan keadaan. Peta p adalah tepat karena jumlah butir yang diperiksa beragam pada setiap harinya dan statistik yang yang menarik perhatian adalah persen yang ditolak. Untuk Peta Kontrol np seperti yang telah dijelaskan didepan.

1 comments:

REZA.F.RAFSANJANI said...

Hai. aku juga punya materi yang berhubungan dengan kontrol data. kunjungi saja di.

http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3200/1/Kommit2004_elektronika_komputer_013.pdf

Post a Comment

Isi dan data-data dalam my Blog ini adalah hak cipta pemilik my Manufacture Blog

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Dilarang keras mengcopy, menyalin atau mengutip semua atau sebagian isi dari my Blog ini atau my Manufacture Blog ini tanpa mencantumkan sumbernya atau tanpa seijin pemilik, Djoko Sasongko, ST. MMT. Pelanggaran terhadap hal tersebut akan diproses sesuai Undang-undang/Hukum yang berlaku.

Copyright © Djoko-Sasongko.blogspot.COM 2008 All Rights Reserved

 
Copyright 2009 My Manufacture Blog. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates | Blogger Styles | WP by Masterplan